SOSIALISASI PAMSIMAS

Putu Krisnanda 02 Juli 2018 13:34:27 WITA

Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) adalah salah satu program yang dilaksanakan oleh Pemerintah Indonesia dengan dukungan Bank Dunia, program ini dilaksanakan di wilayah perdesaan dan pinggiran kota.

Program Pamsimas  bertujuan untuk meningkatkan jumlah fasilitas pada warga masyarakat kurang terlayani termasuk masyarakat berpendapatan rendah di wilayah perdesaan dan peri-urban. Dengan  Pamsimas, diharapkan mereka dapat mengakses pelayanan air minum dan sanitasi yang berkelanjutan serta meningkatkan penerapan perilaku hidup bersih dan sehat. Penerapan program ini dalam rangka mendukung pencapaian target MDGs (sektor air minum dan sanitasi) melalui pengarusutamaan dan perluasan pendekatan pembangunan berbasis masyarakat

sosialisasi Pamsimas di Desa Tista dilaksanakan pada hari Sabtu (30/06/2018) bertempat dai Aula Kantor Perbekel Desa Tista, dalam sosilisasi tersebut dihadiri oleh Tim Fasilitator Pamsimas Kabupaten Buleleng, Perbekel Desa Tista serta Tokoh Masyarakat di Desa Tista. dalam sambutan pembukaan yang dilakukan oleh Perbekel Desa Tista I Gede Marjaya, mengatakan Perlunya Fasilitas Air Bersih di wilayah Desa Tista untuk memenuhi kebutuhan Air Bersih yang selama ini masih terkendala, sedangkan Tim Fasilitator Pamsimas Kabupaten Buleleng mengatakan untuk Program pamsimas yang akan dilaksanakan tahun 2019 di Kecamatan Busungbiu, salah satu yang mendapatkan program Pamsimas adalah Desa Tista, Tim juga mengatakan perlunya dibentuk Kader AMPL untuk berjalannya program Pamsimas tersebut.

Dalam sosialisasi tersebut terdapat beberapa masukan dari masing-masing wilayah Banjar Dinas, Banjar Dinas Tista mengusulkan untuk dilakukan perluasan cakupan fasilitas air bersih di wilayahnya, karena dari fasilitas air bersih yang tersedia saat ini belum mampu untuk memenuhi kebutuhan warganya, Banjar Dinas Munduk Mengenu mengusulkan untuk pemasangan pemipaan baru, sedangkan Banjar Dinas Munduk Tengah mengusulkan untuk pemasangan instalasi baru, Karena di wilayahnya belum tersedia fasilitas air bersih.

dalam sosialisasi tersebut juga diusulkan pemasangan sanitasi di 4 Sekolah dasar yang ada Desa Tista, yaitu SD N 1 Tista dan SD N 4 Tista di wilayah Banjar Dinas Munduk Tengah, SD N 2 Tista di Banjar Dinas Tista dan SD N 3 Tista di wilayah Banjar Dinas Munduk Mengenu.

 

nrt1705

Komentar atas SOSIALISASI PAMSIMAS

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Dapdap Putih

tampilkan dalam peta lebih besar