Musyawarah Perncanaan Pembangunan Desa Dalam Rangka Penyusunan RKP Desa Tahun 2023

Putu Krisnanda 22 September 2022 13:40:48 WITA

Pada hari ini, Kamis (22/09) telah dilaksanakan Musrenbang, Musrenbang sendiri merupakan singkatan dari Musyawarah Perencanaan Pembangunan. Kata musyawarah berasal dari Bahasa Arab yang menggambarkan bagaimana warga saling berdiskusi memecahkan masalah konflik dan juga problem di masyarakat. Musrenbang, oleh karena itu, identik dengan diksusi di masyarakat / kelurahan tentang kebutuhan pembangunan daerah.

Musrenbang merupakan agenda tahunan di mana warga saling bertemu mendiskusikan masalah yang mereka hadapi dan memutuskan prioritas pembangunan jangka pendek. Ketika prioritas telah tersusun, kemudian di usulkan kepada pemerintah di level yang lebih tinggi, dan melalui badan perencanaan (BAPPEDA) usulan masyarakat dikategorisasikan berdasar urusan dan alokasi anggaran. Musrenbang di kelurahan dilaksanakan selama bulan Januari.

Proses penganggaran partisipatif ini menyediakan ruang bagi masyarakat untuk menyuarakan kebutuhan mereka pada pihak pemerintah. Proses Musrenbang juga terjadi di leval kecamatan dan kota demikian pula di provinsi dan nasional. Musrenbang merupakan pendekatan bottom-up di mana suara warga bisa secara aktif mempengaruhi rencana anggaran kota dan bagaimana proyek-proyek pembangunan disusun.

Pada mulanya, Musrenbang diperkenalkan sebagai upaya mengganti sistem sentralistik dan top-down. Masyarakat di tingkat lokal dan pemerintah punya tanggung jawab yang sama berat dalam membangun wilayahnya. Masyarakat seharusnya berpartisipasi karena ini merupakan kesempatan untuk secara bersama menentukan masa depan wilayah. Masyarakat juga harus memastikan pembangunan yang dilakukan pemerintah sesuai dengan kebutuhan.

Musrenbangdes kali ini berlangsung dengan aman dan lancar, dihadiri oleh Bapak Camat Busungbiu diwakili oleh Kasi Pembangunan, Perbekel Tista Bapak BPD Desa Tista beserta Jajaran Pemerintahan Desa, dan Perwakilan Masyarakat Desa Tista. Dimana pada kesempatan kali ini Bapak I Gede Marjaya selaku Perbekel Desa Tista lebih menekankan kepada masyarakat terutama kawula muda yang hadir untuk terus mengembangkan kreativitasnya dalam kegiatan kegiatan yang ada di Desa. Bukan hanya itu Masyarakatpun berkesempatan memberikan aspirasi mereka. Terimakasih kami ucapkan kepada semua masyarakat yang hadir pada Musrenbangdes Kali ini.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Dapdap Putih

tampilkan dalam peta lebih besar